Pendahuluan
Assalamualaikum
wr.wb.
Kembali lagi di blog
sederhana saya, kali ini saya akan sharing sedikit tentang Algoritma
dan pemrograman.
Latar belakang
Dalam matematika
dan ilmu komputer, algoritme adalah prosedur langkah-demi-langkah
untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan,
pemrosesan data, dan penalaran otomatis.
Maksud dan tujuan
dapat mengetahui
sejarah dan memahami konsep algoritma dan pemrograman.
Pembahasan
Algoritma ditemukan
oleh seorang ilmuan timur tengah jaman peradaban islam bernama Abu
Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi (780-850 masehi) dan kata
Algoritma (inggris: Algorithm) menurut sebagian ilmuan belakangan
diambil dari namanya yakni Al-Khwarizmi . Dintinjau dari bahasa,
Algoritma berasal dari kata algorism yang artinya perhitungan dalam
angka arab namun para ahli sejarah kesulitan menemukan asal-usul
istilah ini sampai akhirnya mereka menemukan bahwa
Algorithm/Algoritma berasal dari nama penemunya seperti disebutkan
diatas.
Al-Khwarizmi Juga
dikenal sebagai penemu Aljabar atau Algebra dan juga beliau ini
adalah seorang ahli Astronomi dimasanya.
2. pengertian
algoritma
Algoritma secara
singkat dapat didefinisikan sebagai Langkah-langkah Sistematis dan
Logis dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan konsep Algoritma maka
suatu permasalahan harus diselesaikan secara Sistematis, Logis dan
bisa diuji benar atau salahnya.
Karena Algoritma
adalah sebuah konsep, maka tentu setiap orang bisa mempunyai
Algoritma yang berbeda-beda terhadap masalah yang sama. Contoh ada
suatu permasalahan X dan solusinya adalah Y, maka tiap orang bisa
mendapatkan Y dengan Algoritma mereke masing-masing, tidak harus sama
akan tetapi menghasilkan output yang sama yaitu Y.
Pada prakteknya
penerapan Algoritma haruslah efisien. Efisien disini artinya Cepat,
Tepat dan Simple. Seperti kasus membuat Software komputer, Software
yang dibuat dengan Algoritma yang baik akan menghasilkan software
yang efisien, tidak banyak bugs dan tidak makan banyak memory yang
tidak perlu misalnya.
Penyajian Algoritma
biasanya tertuang dalam bentuk Pseudocode, Flowchart, dan
Diagram-diagram.
3. Pemrograman
Pemrograman adalah
proses membuat suatu Program dengan Algoritma + Bahasa Pemrograman.
Sebuah Software hanya bisa terwujud jika dibuat dengan Algoritma dan
Bahasa Pemrograman.
Langkah-langkah yang
dilakukan dalam pemrograman yang umum adalah :
- Definisikan
Masalah
- Mengumpulkan
kebutuhan (requirement)
- Buat Algoritma
dan Struktur Cara Penyelesaian
- Menulis
Program dengan bahasa pemrograman
- Testing dan
Verifikasi Program
-
Implementasi/Instalasi Program
- Dokumentasi
Program
- Pemeliharaan
Program
Kita bisa memilih
Bahasa Pemrograman apa saja yang kita mau dan kuasai. Namun tentu
tidak semua bahasa pemrograman cocok dengan permasalahan yang ada dan
kita wajib mencari tahu manakah yang cocok dan sesuai dengan
kebutuhan kita. Contoh untuk
membuat App Android kita bisa pilih bahasa pemrograman Java, untuk
App iOS kita pakai Swift dan Objective-C, untuk Website kita bisa
pakai PHP atau Javascript, membuat games bisa pakai C++ dsb.
Dalam membangun
aplikasi (Software Engineering), metoda yang umum digunakan adalah
Waterfall, Agile, Scrum, Extreme Programming, Rapid Application
Development Methodology dan Spiral. Saya sendiri senang dengan Scrum
namun terkadang masih pakai Waterfall.
Kesimpulan
Algoritme adalah
metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari
instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk
menghitung sebuah fungsi.
Penutup
sekian yang bisa
saya sampaikan mengenai Algoritma dan programan, jika ada kesalahan
mohon di maafkan.
Wassalamualikum wr.
wb.
Referensi
http://teknosains.com/sains-teknologi/algoritma-dan-pemrograman-itu-apa-sih
0 komentar:
Posting Komentar